oleh

Pj Bupati Mappi Buka Kegiatan Operasi Mata dan Pterigium Gratis Bagi Masyarakat

MAPPI, pojokpapua.id – Dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah dan bulan suci ramadhan, Pemerintah Kabupaten Mappi bekerjasama RS Dian Harapan Jayapura dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) Papua menggelar pelayanan kesehatan gratis dalam bentuk operasi katarak dan pterigium.

Kegiatan yang digelar mulai 25-31 Maret 2023 di RSUD Mappi itu dibuka secara simbolis, Senin (27/3/2023) oleh Pj Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si.

Pj Bupati mengatakan, pelayanan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Terutama pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Kegiatan yang kita laksanakan merupakan bagian dari kegiatan sosial yang mana pelaksanaan operasi katarak dan operasi Pterigium merupakan kegiatan yang kita laksanakan untuk menyambut perayaan paskah dan juga bulan suci ramadhan tahun 2023,”ungkapnya.

Pj Bupati mengukapkan, penyakit mata di Mappi banyak diderita oleh warga usia di atas 50 tahun dengan tingkat kebutaan kurang lebih 3 sampai 30 persen. Sehingga Pj Bupati mengajak Dinas Kesehatan, RSUD dan organisasi profesi memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat. Apalagi pelayanan kesehatan mata di Mappi, terakhir dilaksanakan pada Tahun 2016 lalu.

Pemkab Mappi kata Pj Bupati, menyadari adanya kekurangan dalam pelayanan yang tidak dapat menjangkau seluruh masyarakat terutama yang ada di distrik pedalaman. Namun yang terdaftar sekitar 600 orang. Yang sudah melakukan screening ada 200 orang, sementara yang lainnya belum siap menjalani operasi mata setelah dilakukan screening oleh tim dokter.

Sehingga, kata Pj Bupati, Pemkab Mappi akan memikirkan kelanjutan dari pelayanan kesehatan mata agar bisa berkesinambungan. Direncanakan digelar setiap tahun.

Warga yang sudah menjalani operasi bisa menjadi contoh bagi yang lain dan menceritakan bahwa operasi mata tidak masalah. “Saya pikir itulah kondisi kita di Kabupaten Mappi dan pastinya juga ada keraguan dari masyarakat kekhawatiran apakah bisa melakukan operasi mata atau tidak. Tetapi paling tidak pelayanan kesehatan operasi mata ini bisa berkelanjutan kepada masyarakat di Kabupaten Mappi,” jelas Pj Bupati.

Kabupaten Mappi lanjutnya, belum memiliki dokter spesialis mata. Namun dalam waktu dekat, Perdami Papua akann mengirim dokter spesialis mata ke Mappi. Mengenai kendala peralatan dan lainnya secara bertahap akan dilengkapi.

“Mudah–mudahan dengan kegiatan ini tim perdami Papua memberikan perhatian dengan memberikan dukungan dokter spesialis mata buat Pemerintah Kabupaten Mappi. Supaya ada tenaga spesialis mata yang bisa membantu kami untuk pelayanan kesehatan mata untuk masyarakat Mappi,” katanya.

Pelayanan kesehatan mata kata Pj Bupati, pasti memberikan manfaat kepada warga masyarakat dan diharapkan agar masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan mata dapat benar-benar menerima manfaat dengan baik dan juga bisa menjadi contoh dan cerita bagi masyarakat lainnya. Sehingga kegiatan yang direncanakan dapat berjalan secara berkelanjutan dan dapat terus dilaksanakan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed