oleh

Bappeda Mimika Gelar Bimtek Inovasi Daerah

TIMIKA, pojokpapua.id – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Bimbingan Teknis Inovasi Daerah tentang Diseminasi Jenis, Prosedur dan Metode Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang Bersifat Inovatif.

Kegiatan yang digelar di Hotel Horison Ultima Timika selama tiga hari mulai Selasa-Kamis (23-25/4/2024) ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan Pamong Inovasi Daerah oleh Bupati Mimika, Dr Eltinus Omaleng, SE MH yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Robert Kambu didampingi Kepala Bappeda Mimika, Ir Yohana Paliling, MSi.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Robert Kambu dalam sambutannya mengatakan Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya mengembangan cara-cara dan nilai baru dalam bekerja karena kondisi dunia berubah menjadi sangat dinamis, kompetitif dan penuh risiko. Ini merupakan komitmen pemerintah dalam rangka mendorong inovasi sehingga membuat daya saing, pelayanan kepada masyarakat dan kemudahan berbisnis di Indonesia menjadi lebih kompetitif.

Setiap daerah diharapkan dapat meningkatkan daya saing untuk mampu bersaing dengan daerah lain dalam rangka mewujudkan pelayanan yang lebih baik dengan melakukan inovasi daerah.

Otonomi daerah telah memberikan ruang bagi Pemda untuk berinovasi dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi daerah sebagai bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Sehingga dengan adanya peraturan tersebut setiap kita, mulai dari staf hingga kepala OPD, tidak perlu takur dan ragu lagi untuk berinovasi,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Robert Kambu.

Inovasi yang dilakukan oleh daerah akan mendapat penilaian dari pemerintah pusat dan memberikan penghargaan serta insentif bagi daerah yang berhasil melaksanakan inovasi.

Untuk itu OPD diminta melaporkan inovasi yang sudah dilakukan kepada pemerintah pusat sehingga dapat disertakan dalam kegiatan penilaian inovasi daerah secara nasional.

Pemkab Mimika juga membentuk pamong inovasi daerah sebagai perwakilan dari setiap OPD dan menjadi motor inovasi daerah di Kabupaten Mimika. Pamong ini diharap dapat menangkap ide-ide, bibit inovasi di setiap OPD.

Sehingga lewat bimtek yang diselenggarakan oleh Bappeda diharapkan dapat membuka wawasan baru bagi OPD dalam mendorong pembaharuan-pembaharuan dalam rangka peningkatan pelayanan publik.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed