oleh

Pembangunan Rumah Sakit Waa Banti Capai 80 Persen

TIMIKA, pojokpapua.id – Gedung Rumah Sakit Waa di Kampung Banti Distrik Tembagapura yang dulu dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Tahun 2018 kini telah dibangun kembali. Progres pembangunan gedung baru Rumah Sakit Waa kini sudah mencapai 80 persen.

Masyarakat setempat jelas Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme, Rabu (15/3/2023) berharap tahun ini Rumah Sakit Waa ini bisa segera rampung dan dimanfaatkan.

“Kami reses sudah liat ke sana, pembangunan (Rumah Sakit Waa) sudah capai 80 persen, masyarakat harap bisa digunakan segera,” ujar Aleks.

Keberadaan Rumah Sakit Waa kata dia menjadi rujukan dari beberapa kampung baik di Banti, Tsinga, Arwanop maupun Opitawak. Mengingat rumah sakit yang sudah rusak, maka rujukan pasien terpaksa ke RSMM atau RSUD. Jika rumah sakit ini bisa digunkan tahun ini, maka pasien tidak perlu lagi dirujuk namun hanya perlu mendapatkan pengobatan di sana saja.

Setelah rampung, Politisi Partai Demokrat ini juga berharap Dinas Kesehatan (Dinkes) bisa menempatkan petugas kesehatan di sana. Ia harapkan penempatan petugas adalah putra-putri asli setempat sebab ada beberapa diantaranya yang telah selesai menempuh pendidikan dokter maupun perawat. “Harapan saya untuk tenaga kerja dari sana, baru dari luar, khusus di Timika,”jelasnya.

Sementara untuk usulan anggaran bagi operasional rumah sakit Waa, tambah Aleks didukung penuh oleh legislatif. Sebab rumah sakit adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat setempat.

“Untuk usulan anggaran operasional rumah sakit, sudah diajukan Dinkes, dan kami sangat mendukung ini, tahun ini ada,”pungkasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed