TIMIKA, pojokpapua.id – Pemerintah Kabupaten Mimika tengah mempersiapkan peluncuran Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai bagian dari inovasi pelayanan publik yang mengintegrasikan layanan berbagai instansi pemerintahan, BUMN/BUMD, serta sektor swasta dalam satu tempat. Lokasi MPP direncanakan berada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika.
Menjelang launching, Pemkab Mimika melalui dinas teknis menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan instansi terkait pada Kamis (12/6/2025) di Kantor Disdukcapil.
Wakil Bupati Mimika, Emanuel Kemong, menegaskan bahwa hadirnya MPP bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mengutamakan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat.
“Komitmen inovasi serta semangat pelayanan harus menjadi dasar dalam mewujudkan kenyamanan layanan yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Kemong.
Ia berharap melalui diskusi lintas sektor tersebut, semua pihak dapat menyamakan visi, membangun sinergi, dan merumuskan langkah konkret dalam perencanaan dan pengembangan MPP di Mimika.
Penanggung jawab operasional MPP, menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Slamet Sutejo, akan dipegang oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dengan dukungan dari Disdukcapil dan instansi lainnya.
“MPP ini akan mempermudah pelayanan masyarakat. Di Papua, baru ada MPP di Jayapura dan Yapen. Di Papua Barat ada di Manokwari, namun belum semua maksimal. Kami harap Mimika bisa menjadi barometer,” jelas Slamet.
Ia juga menyampaikan bahwa MPP Mimika akan menggunakan 25 loket pelayanan, terdiri dari 5 loket khusus di lantai 1 untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, dan ibu menyusui, Pelayanan Dukcapil dan lalu lintas di lantai 2, Pelayanan kantor pos di lantai dasar, dan lantai 3 sebagai pusat utama MPP.
Slamet berharap agar OPD menempatkan staf terbaik dan berkompeten di loket MPP karena pelayanan ini akan menjadi wajah (etalase) pemerintah di hadapan masyarakat.
“Jangan sampai ada pertanyaan dari masyarakat yang tidak bisa dijawab karena petugas tidak memahami tugasnya,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala DPMPTSP Mimika, Marselino Mameyao, meminta setiap pimpinan OPD segera menugaskan operator ke Kantor Disdukcapil guna mempersiapkan tahapan launching.
“Kepala dinas harus siapkan siapa operator yang bisa hadir, supaya kita pastikan siapa mengerjakan apa dalam pelaksanaan MPP nanti,” ujar Marselino.(*)
Komentar