TIMIKA, pojokpapua.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika resmi mengganti nama aplikasi pendaftaran online berbasis aplikasi “Sidora” menjadi “Sipoli” (Sistem Pendaftaran Online). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pasien dalam melakukan pendaftaran serta meminimalisir antrian di rumah sakit.
Direktur RSUD Mimika, dr. Antonius Pasulu, pada Senin (23/9/2024), mengungkapkan bahwa perubahan nama ini dilakukan karena “Sidora” sudah digunakan oleh kabupaten lain, sehingga aplikasi tersebut tidak bisa diunduh melalui Play Store.
“Nama Sidora sudah dipakai oleh daerah lain, jadi tidak bisa diunduh di Play Store. Karena itu, kami mengganti namanya menjadi Sipoli RSUD Mimika,” jelas dr. Anton.
Aplikasi Sipoli ini, seperti pendahulunya, memiliki fitur-fitur yang memudahkan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah pendaftaran online ke poliklinik, informasi mengenai ketersediaan tempat tidur, serta fitur keluhan dan saran terkait pelayanan rumah sakit.
Saat ini, aplikasi Sipoli sudah mulai digunakan oleh masyarakat dan dapat diunduh di Play Store. Untuk lebih memperkenalkan aplikasi ini, RSUD Mimika berencana mengadakan sosialisasi yang juga akan digabung dengan peluncuran penggunaan rekam medis elektronik secara penuh.
“Sekarang aplikasi Sipoli sudah bisa didownload dan diaktifkan di Play Store. Sudah banyak masyarakat yang menggunakannya,” tambah dr. Anton.
RSUD Mimika kini menyediakan tiga cara untuk pendaftaran poliklinik rawat jalan, yakni melalui aplikasi Sipoli, Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang tersedia di lobi dengan dua mesin, serta pendaftaran secara konvensional di loket.
Namun, dr. Anton menegaskan bahwa pasien yang mendaftar melalui Sipoli tetap harus melakukan aktivasi ulang saat tiba di rumah sakit untuk memastikan kehadiran.
“Untuk pendaftaran online, pasien tetap harus melakukan aktivasi ulang saat tiba di rumah sakit. Hal ini untuk memastikan mereka jadi hadir atau tidak,” jelasnya.
Dengan penerapan aplikasi Sipoli ini, pasien dapat langsung menuju poliklinik yang dituju tanpa harus mengantri di loket pendaftaran, memberikan kemudahan dan efisiensi bagi para pasien.
“Keuntungannya, pasien tidak perlu lagi mendaftar di loket, melainkan langsung menuju poliklinik yang dituju,” tutup dr. Anton.(*)
Komentar