TIMIKA, pojokpapua.id – Dalam melaksanakan tugasnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus selalu memiliki komitmen yang tinggi, melayani dengan jujur dan tidak melanggar kode disiplin kepegawaian.
Guna mendukung pelayanan yang prima oleh ASN di lingkup Pemda Mimika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) ASN BerAKHLAK dalam pelayanan publik berkualitas Dukcapil prima, Rabu (8/11/2023) di Hotel Swisbell In Timika.
Asisten III Setda Kabupaten Mimika, Hendritte W Tandiyono menyebutkan jika belum semua ASN memahami ASN BerAKHLAK, untuk itu ia harapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan baik. Karena kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan oleh Disdukcapil saja, namun harus disosialisasikan kepada semua ASN.
BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, royal, adaktif dan kolaboratif. “Belum semua ASN paham apa itu ASN BerAKHLAK, jadi dalam melaksanakan pelayanan kita harus tingkatkan kapasitas, sehingga ASN menjadi siap dan bangga melayani negara dan masyarakat,”jelas Hendritte.
Senada dengan hal itu, Kadisdukcapil, Slamet Sutedjo mengatakan dengan Bimtek yang digelar oleh pihaknya ini, diharapkan dapat mendukung program dari Bidang Ortal Setda Mimika yang sama-sama bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Mimika guna pelaksanaan pelayanan pemerintahan yang prima baik OPD, distrik dan maupun kelurahan sampai kampung. “Semuanya kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,”ujar Slamet.
Selain itu, bagaimana para ASN BerAKHLAK bisa terealisasi. ASN diharapkan dapat menjiwai tugas dan tanggung jawabnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Berikutnya kata Slamet adalah semangat Dukcapi prima itu sendiri. “Bagaimana kita melayani masyarakat itu terus digelorakan, semata-mata untuk memberikan pelayanan yang semakin mudah, semakin cepat, semakin baik kepada masyarakat. Seharusnya itu aja cukup,”imbuh Slamet.(*)











Komentar