oleh

Kebersamaan Perayaan Ramadan di Wilayah Operasional Freeport Indonesia

MIMIKA Ramadan merupakan momen besar yang begituberarti bagi umat Islam di seluruh dunia. Umat Islam biasanyamenyambut datangnya bulan penuh berkah dan kemuliaan inidengan merayakan kebersamaan dan kebahagiaan, takterkecuali para karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama masyarakat setempat di Mimika.

Setelah sempat menyesuaikan pelaksanaan kegiatan-kegiatanRamadan akibat pandemi COVID-19, PTFI sejak tahun 2022 kembali menggencarkan berbagai kegiatan rutin perayaanbulan Ramadan di Tembagapura dan Kuala Kencana. Beberapa kegiatan tersebut mencakup tarhib Ramadan berupakajian dan salat berjamaah yang diisi oleh ustaz tamu dariMajelis Ulama Indonesia (MUI), serta buka puasa bersamasetiap hari sepanjang bulan Ramadan.

Perayaan bulan Ramadan di wilayah operasional PTFI jalanberiringan dengan kegiatan operasional perusahaan. Di area tambang bawah tanah, PTFI menyesuaikan jadwal gilir kerjaagar karyawan dapat berbuka puasa tepat waktu sekaligusmenjalankan salat maghrib, salat isya, dan tarawih secara rutindi masjid-masjid seluruh area Jobsite, termasuk untuk salat di masjid bawah tanah Jami’ Baabul Munawwar.

Merayakan Ramadan dalam kebersamaan adalah tradisi yang telah berlangsung dari tahun ke tahun di wilayah operasionalPTFI. Sebagai bagian dari Papua, kami bersyukur karenatahun ini kami dapat kembali menyambut bulan suci ini tidakhanya di ruang lingkup internal, tetapi juga bersamamasyarakat Mimika, sejalan dengan nilai SINCERE perusahaan,” ujar Presiden Direktur PTFI Tony Wenas.

Takjil on The Road juga menjadi salah satu cara khas PTFI merayakan kebersamaan Ramadan di Tembagapura. Jelangadzan Magrib, Yayasan Masyarakat Muslim (YMM) Tembagapura dan keluarga karyawan akan menyajikan takjilberupa kurma, kolak, kue kering, dan minuman bagi para karyawan yang sedang dalam perjalanan pergantian jadwalshift kerja agar dapat berbuka puasa. Dalam suasanakebersamaan dan semangat berbagi, PTFI juga mengajakmasyarakat sekitar dan karyawan lain yang ingin merasakansuasana Ramadan untuk bersama-sama menikmati takjil yang tersedia seperti yang dilakukan di Masjid Kuala Kencana.

Menurut Ketua YMM sekaligus Vice President Operations Maintenance PTFI Ayep Dirmawan, kegiatan Takjil on The Road dan berbagai kegiatan Ramadan lainnya menjadi bagiandari upaya PTFI untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaandengan karyawan dan masyarakat sekitar selama bulan suciRamadan. “Kami ingin memperkuat semangat kebersamaan, kepedulian, dan toleransi antarkaryawan dan masyarakatselama bulan suci Ramadan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat silaturahmi kami dengan masyarakat, menginspirasi, dan membawa manfaat,” kata Ayep.

Kebersamaan dan kebahagiaan Ramadan juga PTFI rayakanbersama anak-anak karyawan dan masyarakat umum di Tembagapura melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa(Mabit). Peserta Mabit yang terdiri dari anak sekolah TK hingga SMP akan berkumpul di masjid selama satu malamuntuk mengikuti tausiyah, kultum, dan kuis berhadiah.

Tak hanya di Tembagapura, PTFI juga mengadakan berbagaikegiatan untuk merayakan bulan Ramadan bersamamasyarakat di Kuala Kencana. Salah satunya adalah Ramadan Anak Ceria yang PTFI adakan di Masjid Baiturrahim setiappukul 5 sore. Melalui kegiatan ini, PTFI menyediakanlingkungan bermain bagi anak-anak dan mengajarkan nilai-nilai agama Islam sejak dini. Peserta kegiatan yang terdiri darianak karyawan PTFI dan masyarakat umum mengikutiaktivitas mengaji, menggambar, mendengarkan dongeng kisahislami, serta berbuka puasa bersama.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed