oleh

Cafe Adminduk di Pusat Kuliner Pasar Sentral Mulai Layani Warga Mimika

TIMIKA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika tak pernah berhenti berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Setelah Orlando atau layanan pengurusan adminduk berbasis aplikasi pesan WhatsApp dan beragam inovasi lainnya, kini Disdukcapil Mimika membuka Café Adminduk di Pusat Kuliner Pasar Sentral Timika.

Layanan yang dibuka hanya setiap weekend atau hari sabtu sore hingga malam ini mulai dibuka pada Sabtu (4/6/2022). Ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM didampingi Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo dan Kepala Disperindag, Petrus Pali Amba.

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo mengatakan ini merupakan inovasi ke-15 dari Disdukcapil. Dimana Disdukcapil ingin memberikan pelayanan dengan suasana berbeda dengan mengusung konsep layaknya kafe. Jika di daerah lain ada mall pelayanan publik namun menurutnya itu lebih menjangkau kalangan menengah, sehingga di Mimika dibuat seperti kafe dan berada di Pusat Kuliner Pasar Sentral yang bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sama seperti lapak pedagang kuliner, Café Adminduk juga didesain seperti cafe kontainer. Petugas ditempatkan untuk melayani semua jenis dokumen kependudukan. Mulai dari kartu keluarga, e-KTP, akta kelahiran hingga dokumen lainnya. Jenis layanan ini terpampang pada ‘daftar menu’ lengkap dengan harga yakni Rp0 atau gratis.

Sembari petugas membuat dokumen yang diurus, warga bisa menikmati jajanan yang ada di pusat kuliner. Jadi dikatakan Slamet, tidak hanya sekadar mengurus dokumen tapi hadirnya warga bisa membantu UMKM yang berjualan di pusat kuliner. Tidka hanya itu, bisa menyumbang PAD lewat retribusi parkir yang dibayar ketika memasuki area Pasar Sentral, yang hasilnya digunakan untuk pembangunan Mimika.

Tidak hanya melayani pengurusan adminduk, Café Adminduk juga dikolaborasikan dengan program Paduka Siap bersama Pengadilan. Juga bersama KPUD dan Bawaslu, untuk menjangkau masyarakat lebih dekat.

Wabup Mimika, Johannes Rettob, SSos MM menambahkan ini merupakan upaya dari Pemkab Mimika dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ia sangat mengparesiasi Disdukcapil Mimika yang telah melakukan berbagai inovasi dalam melayani masyarakat. “Kita berharap pelayanan semakin dekat dan masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik,” terangnya. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed