oleh

Satgas Damai Cartenz Amankan Satu Anggota KKB di Ilaga

TIMIKA, pojokpapua.id – Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atasnama Alenus Tabuni alias Kobuter, diamanakan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 didepan Puskesmas, Distrik Ilaga, Kabuapten Puncak pada Minggu (18/2/2024) lalu.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz, Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani, SSos SIK MH menjelaskan, Alenus Tabuni alias Kobuter diamankan, saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan Puskesmas di Distrik Ilaga.

Alenus Tabuni alias Kobuter diamankan bersama barang bukti yakni 1 lembar uang pecahan Rp100 ribu dan Rp 5 ribu. Kemudian 1 buah kikir besi, 1 buah handphone merk Nokia warna hitam dan, beberapa temuan aksesoris lainnya.

Lebih lanjut Kombes Ramadhani mengatakan bahwa Alenus Tabuni alias Kobuter ini termasuk dalam KKB pimpinan Goliath Tabuni.  Namun untuk saat ini, ia telah bergabung bersama KKB pimpinan Numbuk Telenggen di Kabupaten Puncak.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, AKBP Dr Bayu Suseno, SH SIK MM MH menguraikan Alenus Tabuni alias Kobuter diamankan berawal ketika anggota Ops Damai Cartenz wilayah Puncak sedang melaksanakan pemantuan di sekitaran Distrik Ilaga, mereka mendapatkan informasi bahwa adanya sekelompok masyarakat sedang berkumpul didepan Puskesmas Ilaga.

“Anggota kami langsung mendatangi sekelompok masyarakat yang sedang berdiri didepan puskesmas tersebut, dan mengamankan anggota KKB yakni Alenus Tabuni alias Kobuter,”kata AKBP Bayu.

Lebih lanjut kata dia, Alenus Tabuni alias Kobuter saat ini telah diamankan di Mapolres Puncak, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu AKBP Bayu menguraikan bahwa Alenus Tabuni alias Kobuter, terlibat dalam sejumlah aksi tindak pidana yang dilakukan KKB di Kabupaten Puncak yakni pembakaran Basecamp PT Unggul pada Tahun 2021 lalu di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.

Kobuter berperan mengambil minyak tanah dari dalam dapur lalu menyiram dan membakar. Kemudian terlibat dalam penembakan tukang ojek atasnama Udin yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Ia juga ikut terlibat dalam kasus pemukulan kepada Distrik Gome dan penembakan anggota TNI pada Tahun 2021 lalu. Kemudian terlibat dalam pembakaran bangunan pariwisata di seputaran bandara udara Aminggaru, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.

Kobuter juga terlibat dalam rencana pembakaran truk yang digunakan oleh aparat TNI dan Polri di sekitar lokasi bagunan parawisata seputaran bandara udara Aminggaru, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak namun niatnya itu tidak terlaksana, dikarenakan truk tersebut telah berpindah tempat.

Lalu ia juga terlibat penembakan terhadap korban Habel Alengpen, yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Juga melakukan aksi pengrusakan, pembakaran rumah warga dan sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak.

Bahkan ia juga beberapa kali pernah terlibat dalam kontak senjata, antara KKB dan anggota TNI dan Polri di Distrik Gome dan Distrik Ilaga. “Peran lainnya dalam catatan kriminal di Kabupaten Puncak adalah, membantu pimpinan KKB, Numbuk Telenggen membawakan amunisi dan senjata api saat terjadi kontak tembak. Bahkan menyimpan serta mengamankan amunisi beserta senjata api,”urai AKBP Bayu.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed