oleh

Dihadiri Presiden Jokowi, Freeport Indonesia Dukung Peringatan Hari Pers Nasional 2024

JAKARTA, pojokpapua.id – Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari, pada tahun ini dipusatkan di DKI Jakarta. Beragam rangkaian kegiatan digelar dan puncaknya pada Selasa (20/2/2024) di Ecovention Hall Ancol.

Agenda tahunan ini dihadiri para pekerja pers dari seluruh Indonesia. Termasuk enam orang wartawan dari Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah yang difasilitasi oleh PT Freeport Indonesia salah satunya perwakilan media pojokpapua.id.

Tahun ini, PT Freeport Indonesia juga menjadi salah satu sponsor pelaksanaan Hari Pers Nasional. HPN tahun ini diisi beragam kegiatan seperti Konvensi Media Massa yang menghadirkan beberapa pejabat tinggi negara seperti Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Wakil Menkominfo Nezar Patria.

Bahkan Puncak Peringatan HPN dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. HPN tahun ini mengusung tema ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa’.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyatakan komitmennya dalam menghormati kebebasan pers. Itu ditunjukkan Presiden lewat sikap dan caranya merespon pemberitaan di media disertai dengan karikatur yang menggambarkan wajahnya dengan cara yang santai.

Presiden Jokowi memberikan hadiah bagi insan pers. Tepat pada HPN kali ini, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ia telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Publisher Rights. “Jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan industri media konvensional jadi perhatian penting pemerintah dan ini yang dinanti setelah sekian lama setelah melalui perdebatan panjang akhirnya kemarin saya menandatangani peraturan presiden tentang tanggungjawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau yang kita kenal sebagai Perpres publisher rights,” ungkap Presiden Jokowi disambut tepuk tangan para insan pers.

Perpres ini ditegaskan Jokowi, merupakan aspirasi dari insan pers. Ia pun menegaskan semangat dari Perpres tersebut yakni jurnalisme berkualitas, jurnalisme yang jauh dari konten negatif, jurnalisme yang mengedukasi untuk kemajuan Indonesia.

“Kita juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional, kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital. Kita ingin berikan kerangka umum yang jelas bagi kerja sama perusahaan pers dan platform digital,” tandasnya.

Perpres ini lanjut Jokowi, sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengurangi kebebasan pers. “Publisher rights lahir dari keinginan dan inisiatif insan pers, pemerintah tidak sedang mengatur konten pers. Pemerintah mengatur hubungan bisnis antara perusahaan pers dan platform digital dengan semangat untuk meningkatkan jurnalisme yang berkualitas,” ujar Presiden Jokowi.

Secara terspisah, Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia, Katri Krisnati pada Selasa (20/2/2024) merasa bangga bisa memfasilitasi wartawan atau pekerja pers untuk menghadiri Hari Pers Nasional. Ini menjadi agenda tahunan oleh PTFI dengan menghadirkan wartawan secara bergiliran.

Menurutnya, ini sebagai bentuk apresiasi kepada para wartawan dan media yang selama ini aktif mendukung PTFI lewat pemberitaan yang positif.

Corporate Communications sebagai divisi yang berhubungan dengan media kata Katri terus berupaya membangun relasi dan kemitraan yang baik dengan media. Termasuk dalam hal penyampaian informasi terkait PT Freeport Indonesia. “Kadang memang agak lama dijawab tapi tidak ada yang ditutupi dan kami mencoba menyampaikan sesuai fakta,” katanya.

Setelah peringatan HPN, Freeport juga akan memfasilitasi wartawan mengunjungi pabrik pemurnian atau smelter milik Freeport yang ada di Gresik, Jawa Timur.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed