oleh

Disetujui DPRD, Pemkab Mimika Segera Registrasi 8 Perda

TIMIKA, pojokpapua.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika akhirnya menyetujui dan menetapkan delapan usulan Raperda dari Pemerintah Kabupaten Mimika menjadi Peraturan Daerah. Persetujuan itu disampaikan tujuh fraksi dalam Rapat Paripurna IV Masa Sidang III DPRD Kabupaten Mimika tentang Pembahasan Raperda Non APBD yang digelar Kamis (17/11/2023).

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng dan Wakil Ketua I, Aleks Tsenawatme dihadiri lebih dari setengah anggota DPRD. Tujuh fraksi juga memberikan pandangan akhir dan menyetujui penetapan 8 Perda yang diajukan oleh Pemkab Mimika.

Delapan Raperda tersebut takni Raperda tentang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal. Raperda tentang Perlindungan Seni dan Budaya. Raperda tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat. Raperda tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Raperda tentang Penanaman Modal. Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Raperda tentang Penyerataan Modal Pemerintah Kabupaten Mimika pada BUMD PT Bank Pembangunan Daerah Papua. Raperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

Pj Sekda Mimika, Robert Mayaut yang hadir mewakili Bupati Mimika memberikan apresiasi kepada DPRD Mimika yang telah membahas dan menyetujui penetapan delapan Raperda. Selanjutnya, Pemkab Mimika akan mengajukan surat permintaan/permohonan nomor register kepada Gubernur Provinsi Papua Tengah melalui Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Papua Tengah.

Khusus untuk Raperda Pajak dan Retribusi Daerah, dengan dasar persetujuan bersama maka Pemkab Mimika tidak hanya menyampaikan ke Gubernur Papua Tengah tapi juga Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan untuk dievaluasi lebih lanjut.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed