oleh

Musrenbang Distrik Mimika Tengah Hasilkan 88 Usulan Program

TIMIKA, pojokpapua.id – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Distrik Mimika Tengah menghasilkan 88 usulan program dan kegiatan. Musrebang digelar Jumat (17/03/2023) di Kantor Distrik Mimika Tengah.

Kepala Distrik Mimika Tengah, Thobias Baka, SSTP, Selasa (21/3/2023) mengatakan hasil dari Musrenbang ini nantinya akan menjadi masukan dan usulan program kegiatan dari tingkat distrik kepada pemerintah. Usulan ini diharapkan masuk dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Tahun Anggaran 2024.

“Ada 88 usulan program kegiatan yang nanti diharapkan menjadi masukan dan usulan kegiatan dari distrik kepada pemerintah,” jelas Thobias.

Thobias menyebut beberapa program kegiatan prioritas di Distrik Mimika Tengah yaitu
peningkatan upaya penanggulangan kemiskinan dan peningkatan taraf hidup masyarakat, ini merupakan target yang paling utama yang harus diperhatikan dan ditangani secara serius.

Selanjutnya, peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan kesehatan bagi masyarakat, peningkatan upaya pelestarian lingkungan hidup, pengadaan listrik dan air bersih untuk masyarakat, peningkatan layanan telekomunikasi dan internet, pengadaan rumah layak huni untuk masyarakat 5 kampung.

Ada juga penanganan dampak banjir rob dan pendangkalan sungai, peningkatan pengelolaan hasil perikanan, pengadaan alat tangkap ikan dan fasilitasi penjualan hasil laut.

Yang tidak kalah penting kata Thobias, ketahanan dan pemanfaatan pangan lokal terutama pengelolaan ikan, kepiting, sagu dan kelapa, peningkatan akses transportasi laut dan sungai dengan melakukan pembersihan dan pengerukan sungai, pembangunan pelabuhan rakyat dan jembatan penghubung dalam di 5 kampung.

Pengadaan alat transportasi berupa perahu dan mesin jhonson bagi masyarakat 5 kampung. Pembangunan jembatan penghubung ke Kampung Kamora juga menjadi perhatian.

Selain itu, pengadaan polsek atau pos polisi di Distrik Mimika Tengah serta pemetaan digital batas administrasi distrik dan kampung diharapkan menjadi perhatian untuk dapat diakomodir. Terakhir, pembangunan rumah pegawai dan guest house Distrik Mimika Tengah.

Thobias berharap para Anggota Dapil 6, tim dari Bappeda mimika, perwakilan OPD dan semua pemangku kepentingan untuk dapat bersama-sama memperjuangkan, menfasilitasi, dan menjembatani sehingga usulan program kegiatan yang dimasukan atau diusulkan nantinya, dapat dianggarkan dan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 mendatang.

“Saya harap mari kita sama-sama memperjuangkan yang menjadi usulan dan prioritas masyrakat, demi terwujudnya pembangunan yang maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di wilayah Distrik Mimika Tengah,” pungkasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed