oleh

Turnamen Futsal Bupati Cup I Mappi Dongkrak Pendapatan UMKM

MAPPI, pojokpapua.id – Open Tournament Futsal Bupati Cup I yang sudah berlangsung selama beberapa hari sejak dibuka oleh Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar, S.STP., M.Si memberi multiplier effect bagi ekonomi di Mappi terutama pelaku UMKM.

Pendapatan pelaku usaha mikro yang didominasi mama-mama Papua yang berdagang di sekitar venue Mappi Sport Center itu mengalami peningkatan cukup signifikan. Tidak hanya pedagang, tukang ojek juga meraup keuntungan dari pelaksanaan even olahraga yang diramaikan 64 tim tersebut.

Fransiska Berta Meagan, salah seorang pedagang ketika ditemui Rabu (1/3/2023) mengaku senang karena adanya pertandingan futsal ini bisa menjadi peluang baginya untuk berjualan. “Kami senang dengan adanya turnamen seperti ini, karena kami bisa berjualan di sini,” ungkapnya.

Setiap hari Fransiska yang berjualan sagu, pinang, minuman ringan dan ikan goreng itu mampu mendapatkan omzet Rp 400.000 – Rp 500.000. Padahal ia hanya berjualan tidak sehari penuh. Mulai pukul 15.00 WIT sampai 22.00 WIT. Pendapatan ini dikatakan Fransiska tidak seperti sebelumnya.

“Sebelum ada turnamen ini, saya biasa berjualan di pinggir Jalan Kilometer 8, itupun satu hari saya hanya mendapatkan Rp 50.000, tetapi selama berjualan di sini saya bisa dapat Rp 400.000 sampai Rp 500.000.”ungkap Fransiska.

Merasakan dampak positif dari kegiatan yang digagas oleh pemerintah, Fransiska memberi apresiasi dan pujian kepada Pj Bupati Michael Gomar karena pertandingan ini juga memberi dampak langsung pada ekonomi masyarakat. “Kami minta Bapak Pj Bupati tolong tingkatkan terus agar Mappi bisa maju lagi, sehingga mama-mama Papua bisa bangkit dan maju untuk ekonomi keluarganya,” ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Alin Bonga. Pendapatannya juga meningkat, bisa mencapai Rp 400 ribu per hari. Padahal selama ini ia tidak berjualan. Tapi melihat peluang, akhirnya ia ikut berjualan minuman ringan.

Alin juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Mappi yang tak berhenti berinovasi untuk membangkitkan Kabupaten Mappi. Ia berharap, turnamen dilaksanakan rutin agar ekonomi masyarakat bisa terus meningkat.

Di sisi lain, Alin berharap agar Pemkab Mappi bisa mempercepat penyelesaian akses menuju MSC. Sebab kondisi jalan yang belum diaspal menjadi kendala masyarakat. Selain jalan, penerangan lampu di kawasan MSC juga harus dipasang, sebab pedagang bisa berjualan hingga malam.

Seorang tukang ojek, Alosius Hale mengungkapkan setelah pertandingan dimulai, pendapatannya ikut meningkatkan. “Kalau ada pertandingan bola seperti ini, kami juga bisa mendapatkan uang lebih. Memang di awal pertandingan kami mendapatkan Rp 150.000 sampai Rp 200.000, tetapi dua hari terakhir naik jadi Rp 300.000,” ungkapnya.

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar mengatakan, untuk memberi keamanan dan kenyamanan kepada penonton selama turnamen, telah dilakukan pemasangan lampu penerangan jalan umum di sepanjang ruas jalan menuju venue futsal.

“Tadi sepanjang jalan masuk lapangan futsal, sudah kita pasang lampu PJU sebanyak 26 unit dan yang sudah menyala malam ini sebanyak 13 unit, sisanya besok sore sudah bisa dinyalakan semua,” jelas Pj Bupati.

Pj Bupati menambahkan, Open Turnamen Futsal Bupati Cup I, juga merupakan program strageti dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Kabupaten Mappi. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed